Industri kreatif C59 Bandung

Industri C59

   
(Bandung, 5 Juli 2018) Perkembangan industri memang selalu pesat. Ditambah dengan sumber daya manusia yang menghasilkan ide-ide kreatif, inovatif serta bermanfaat, dapat menciptakan suatu peluang besar terhadap perusahaan ataupun individual. Salah satu industri yang tak kalah berkembang pesat di kota kembang ini adalah Industri C59. Apa sih C59 itu? Dibidang apa saja industri ini bergerak? Bagaimana pemasaran industri ini?

          IndustriC59 merupakan kependekan dari Caladi lima sembilan, Nama usaha C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana pak Wiwied sebagai pendiri industri dan istrinya pertama kali tinggal di jl. Caladi no.59, Bandung. Awalnaya bisnis C59 pertama kali adalah melayani pesanan T-shirt bergambar pada masa itu, teknik pengerjaannya masih manual, belum menggunakan computer.

         Ditempat ini pak Marius Widyarto Wiwied memulai usahanya dalam bidang industri garmen. Khususnya dibidang kaos yang trendnya disukai anak-anak zaman sekarang. Usaha garmen ini dimulai sejak 1980. Kemudian seiring perkembangan zaman, usaha tersebut berkembang pesat. Banyak jalinan kerja sama yang dilakukan oleh C59 kepada pasar lokal.
        Deskripsi bisnis dari C59 sendiri cukup banyak seperti kaos, topi, gantungan kunci, dan lain-lainnya yang di distribusikan hingga floating market yang menjadi destinasi wisata para pengunjung yang datang ke Bandung. Tidak hanya berupa produk, namun C59 juga menyediakan spot foto dengan kreasi yang menarik. Sehingga pengunjung bisa foto sepuasnya ditempat tersebut. 

         Strategi pemasaran yang dimiliki oleh C59 yaitu memasarkan baik secara online maupun secara langsung. Maksudnya secara langsung mereka mendistribusikan langsung ke toko-toko terdekat di Bandung. Dengan yang menjadi sasaran utama mereka yaitu anak sekolahan dan mahasiswa. Semakin berkembang pesat orderan dan bisnisnya, maka semakin banyak pula barang yang harus diproduksi dengan kebutuhan bahan baku yang harus tersedia. Karena dengan kurangnya bahan baku, maka akan menurunkan hasil produksi.
           Analisa persaingan C59 dengan beberapa industri garmer lainnya tentu bukan hal yang mudah. C59 memiliki ciri khas tersendiri yang menarik perhatian kaum muda diera modern ini. Mengapa harus memiliki ciri khas? Karena dengan adanya ciri khas suatu produk, maka industri lain sulit untuk menirunya atau memplagiasi hasil produk tersebut.
                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal “Street Photography and Art of Seeing"

Sastra Bagi Remaja